Yuk Ajarkan Anak Bercocok Tanam Sejak Dini

Yuk Ajarkan Anak Bercocok Tanam Sejak Dini

Yuk Ajarkan Anak Bercocok Tanam Sejak Dini

Yuk Ajarkan Anak Bercocok Tanam Sejak Dini – Ternyata berkebun juga mempunyai banyak manfaat bagi pertumbuhan anak Bagi ibu yang mempunyai anak yang sulit makan makanan sehat dan seimbang, berkebun bisa menjadi sarana yang penting.

Berkebun bisa dilakukan walaupun kita tidak mempunyai halaman belakang yang sempurna, luas, atau cerah. Sebagai gantinya, Moms bisa menanam di sebuah lokasi kecil atau menumbuhkan sejumlah edibles di lansekap yang ada.

Tetapi jika mempunyai banyak ruang terbuka, ibu bisa mengajak Si Kecil untuk menanam bermacam tumbuhan seperti tomat, rempah-rempah, ceri yang manis yang akan membuah Si Kecil bersemangat belajar menanam.

Mengajarkan anak berkebun

Mengajarkan anak berkebun tidak hanya bermanfaat bagi tubuh Si Kecil, namun juga berpengaruh pada otak dan jiwa anak.

“Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan dengan alam memiliki efek mendalam pada kesejahteraan psikologis dengan meningkatkan emosi positif dan mengurangi stres,” kata Deborah Zlotnik, psikolog dari Children’s National.

Menurut Dr. Deborah Zlotnik, saat anak-anak dan remaja berada di luar, mereka bisa melatih semua indra yang dimiliki.

Dengan melibatkan anak dalam suatu kegiatan dan fokus pada tanaman, anak-anak bisa mengalihkan diri dari kegiatan dan stres sehari-hari yang mungkin dialami di sekolah atau hubungan teman sebayanya.

Karena anak-anak dan remaja sekarang ini, lebih banyak berfokus pada alat elektronik dan media sosial, yang mana tidak mambawa manfaat positif untuk anak. Sedangkan berkebun bisa menjadi cara yang bagus bagi anak-anak untuk ikut serta dalam kegiatan prososial yang positif.

Ketika anak-anak terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan, mereka lebih mampu menangani stres lainnya dan lebih mampu mengatur emosi mereka.

Bisa Meningkatkan Mood Anak

Maureen Healy, penulis The Emotionally Healthy Child, dan pakar kesehatan emosi anak-anak di Growing Happy Kids. Menyampaikan bahwa mengajarkan anak berkebun secara rutin. Dan merupakan bagian dari alasan mengapa berkebun bisa membantu membuat suasana hati anak-anak meningkat menjadi lebih baik.

“Anak-anak yang belajar melakukan hal berulang kali seperti menyiram taman akan mengembangkan jalur di otak mereka yang mengatakan,.

Saya bisa melakukan ini’ dan akan mendapatkan hasilnya,” papar Maureen Healy.

Dengan mengajarkan anak berkebun, orang tua dapat membantu anak mengembangkan kebiasaan sehat dan menenangkan.

Seperti merawat hal-hal di sekitar mereka seperti hewan peliharaan dan tanaman.

Jadi sudahkah ibu mengajarkan anak berkebun?