Tips Membuat Bakpao yang Lembut

Tips Membuat Bakpao yang Lembut

Tips Membuat Bakpao yang Lembut

Tips Membuat Bakpao yang Lembut – Anda pasti sudah mengenal cemilan berbentuk bulat putih yang lembut ini? Ya, kue bakpao. Kue yang asli penduduk Tiongkok ini memang sudah disukai masyarakat. Selain teksturnya yag lembut, varian rasa bakpao juga memiliki banyak rasa. Diantaranya Bakpao Coklat, Kacang Hijau dan kelapa.

Isi bahan dari bakpao sudah disesuaikan dengan masyarkat Indonesia yang mayoritas beragama islam. Bakpao yang banyak dijual dipasaran umumnya berisi coklat ataupun ayam. Nah berikut resep membuat bakpao lembut yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Untuk mendapatkan kulit yang lembut Anda sebaiknya menggunakan tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah. Gunakan api sedang agar adonan matang menyeluruh.

Bakpao merupakan jajanan oriental yang khas dengan olahan Asia Timur. Olahan ini memiliki isian yang dibungkus dengan adonannya tersendiri. Selain itu, ada banyak sekalian varian bakpao yang dijual dimana-mana. Namun, tak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membuat bakpao yang tepat.

Gunakan bahan-bahan berkualitas baik

Penggunaan bahan-bahan berkualitas baik akan menentukan hasil akhir dari pembuatan bakpao. Pada umumnya membuat bakpao terdiri dari pengolahan adonan dan isiannya. Khusus untuk adonan luaran, pastikan bahan-bahannya berkualitas dan ragi masih aktif agar hasil pengembangan maksimal.

Mengayak bahan-bahan kering

Dalam pembuatan bakpao juga memanfaatkan bahan kering yang digunakan. Bahan ini lah yang harus melalui proses pengayakan terlebih dahulu agar hasilnya semakin lembut. Bahan yang tak melalui proses pengayakan dikhawatirkan akan membuat adonan menjadi tak bagus.

Menguleni adonan hingga kalis

Bakpao juga harus melalui proses pengulenan agar hasil adonan pun kalis dan lembut. Untuk semakin memaksimalkan adonan, pengulenan bisa berlangsung dari 7-15 menit lamanya, tergantung dengan kualitas adonan dan berapa banyak yang harus diuleni.

Bila sudah dirasa kalis, diamkan sesaat agar nantinya adonan memiliki tekstur yang bagus saat dikukus.

Isi bakpao secukupnya dan jangan terlalu basah isiannya

Hal yang perlu diperhatikan juga mengenai isian yang digunakan dalam bakpao. Pastikan bahwa isian tak terlalu basah untuk memaksimalkan kelembutan pada bakpao. Selain itu, isian yang secukupnya juga akan membuat olahan bakpao memiliki tampilan yang cantik.

Pastikan panci kukus telah panas sebelum adonan dimasukan

Ada hal yang perlu diperhatikan saat proses pengukusan pada bakpao. Pastikan bahwa panci kukusan telah panas sebelum adonan bakpao dimasukan. Hal ini karena adonan bakpao sangat mudah mengerut atau mengempis apabila suhu di dalamnya tak merata.