Tips Belajar Mobil Manual untuk Newbie

Belajar Mobil Manual

Agar Mesin Tidak Mati, Ini Tip Belajar Mobil Manual untuk Newbie

Agar Mesin Tidak Mati, Ini Tip Belajar Mobil Manual untuk Newbie

Belajar Mobil Manual – Belajar mengemudikan mobil memang gampang-gampang susah bagi sebagian orang. Apalagi mobil yang digunakan untuk belajar adalah mobil bertransmisi manual. Tak semua orang mampu beradaptasi dengan cepat ketika baru belajar mengemudi dengan mobil transmisi manual.

Hal yang paling sering dialami pengemudi pemula alias newbie ketika belajar menggunakan mobil manual adalah matinya mesin akibat belum terbiasa melepas kopling dan gas. Guna meminimalisir hal tersebut, berikut beberapa tip yang bisa dicoba oleh pemula ketika baru pertama kali belajar mobil manual.

Biasakan mengendalikan kopling dan gas

Membiasakan diri kapan waktu yang tepat melepas kopling dan menginjak gas merupakan hal penting yang perlu diperhatikan bagi pengemudi pemula. Bahkan beberapa orang yang sudah mahir mengemudi mobil otomatis, ada yang terkendala ketika harus memainkan kopling dan gas. Kebanyakan pemula menginjak gas secara berlebih, namun tak diiringi dengan pelepasan kopling yang tepat. Karena itu, pengemudi harus mampu merasakan momentum pergerakan mobil dengan menginjak gas secara perlahan dan melepas kopling secara perlahan.

Latihan perpindahan gigi

Setelah mulai mendapatkan feeling yang tepat untuk melepas kopling, hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah melakukan perpindahan gigi. Agar perpindahan gigi terjadi secara halus, sebaiknya perpindahan dilakukan dalam putaran mesin rendah seperti di bawah 2.000 rpm. Hal ini akan membantu menghemat bahan bakar dan gaya berkendara menjadi lebih nyaman.

Berlatih pindah jalur

Setelah lancar melakukan perpindahan gigi, mulai lah berlatih berpindah jalur secara rutin. Hal yang perlu diperhatikan ketika berpindah jalur adalah memperhatikan keadaan sekitar melalui spion di samping kanan kiri maupun spion tengah. Waspada juga dengan kendaraan yang masuk dalam blind spot. Menengok sekilas ke belakang boleh dilakukan guna memastikan jalur tersebut aman sebelum melakukan perpindahan jalur.

Latihan memutar setir kemudi

Hal penting berikutnya yakni berlatih memutar setir kemudi ketika berbelok. Berlatih di jalan sempit cukup bagus untuk meningkatkan feeling mengemudi ketika berbelok agar belokan tidak terlalu melebar.

Berhenti di jalan menanjak

Bagi pengemudi pemula yang membawa mobil manual, bagian ini cukup penting dipelajari agar kendaraan tidak mundur ke belakang kala kondisi jalan macet di jalan menanjak. Pengemudi bisa memanfaakan rem  tangan untuk membantu agar kendaraan tidak berjalan mundur sembari menekan gas secara perlahan.

Rutin berlatih setelah memahami cara kerja mobil transmisi manual,  pengemudi pemula juga harus rajin berlatih. Cobalah membawa mobil secara rutin setiap hari selama dua pekan atau sebulan. Hal ini akan meningkatkan feeling dan kemampuan mengemudi karena akan melewati beragam kondisi jalan.

Sumber : momobil.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *