Tips Agar Tidak Terlalu Lelah karena Banyaknya Aktivitas

Tips Agar Tidak Terlalu Lelah karena Banyaknya Aktivitas

Tips Agar Tidak Terlalu Lelah karena Banyaknya Aktivitas

Tips Agar Tidak Terlalu Lelah karena Banyaknya Aktivitas, – Banyaknya aktivitas yang Anda lakukan setiap hari. Membuat stamina dan kekebalan tubuh menjadi menurun, cepat lelah, dan berbagai penyakit infeksi pun mudah menyerang.

Wajar jika Anda melakukan aktivitas yang berat dan kemudian merasa lelah setelahnya. Namun rasa lelah bisa menjadi musuh ketika Anda ingin melanjutkan aktivitas dan pekerjaan menuntut Anda untuk terus bugar, fit, sehat, dan berstamina.

Lelah memang konsekuensi dari segala aktivitas yang kita lakukan, termasuk setelah bekerja. Namun bila kita selalu kelelahan di akhir hari, lama-kelamaan kita juga tidak bisa memulai hari dengan tubuh bugar.

Kelelahan yang teramat dan berlangsung terus-menerus sangat buruk untuk kesehatan. Maka sebanyak apa pun pekerjaan, kita harus bisa menyiasatinya agar tak mengalami rasa lelah yang berlebih.

Banyak hal sederhana yang dapat membuat tubuh kembali segar dan terlepas dari kelelahan. Hal tersebut tentunya dapat Anda lakukan sendiri bahkan di rumah, tidak perlu ke dokter, hanya butuh niat dan waktu luang Anda saja untuk membuat tubuh Anda lebih baik lagi.

Kerjakan sedikit demi sedikit yang penting berkesinambungan

Sekali bekerja dalam waktu yang panjang bisa membuat kita merasa pekerjaan tak kunjung selesai. Kita tak sabar sampai semua pekerjaan itu tuntas. Kita menghitung kira-kira jam berapa kita bisa bebas dari tumpukan pekerjaan itu.

Akibatnya, sekalipun sudah tak bisa menikmati pekerjaan, kita tetap memaksakan diri untuk duduk. Kalau begini, hasil kerja tentu menjadi kurang maksimal. Berbeda jika kita membagi pekerjaan yang banyak itu dalam waktu yang lebih singkat.

Misalnya, dua jam pertama akan mengerjakan A dan B. Setelah jeda, dua jam lagi untuk mengerjakan C dan D, dan seterusnya. Dengan waktu tidak terlalu panjang dan tugas yang tidak terlalu banyak, secara psikis kita akan merasa lebih ringan.

Pun setiap dua jam sekali, kita akan merasa lega. Beberapa tugas telah selesai dan kita menjadi yakin tugas-tugas lain pun akan bisa diselesaikan.

Mendengarkan musik ketika merasa jenuh dan konsentrasi menurun

Apa pun musik kesukaan kita, akan sangat membantu untuk membuat kita merasa ‘hidup’ kembali. Namun perlu diingat, suara berisik cenderung meningkatkan stres.

Maka dengarkan dengan volume sedang saja, cukup untuk diri sendiri. Biasanya, tak butuh waktu lama untuk kita kembali bersemangat dan berkonsentrasi penuh bila sudah mendengarkan musik favorit.

Hindari bekerja sampai mendekati waktu tidur malam

Sebanyak apa pun pekerjaan, jangan mengerjakannya sampai mendekati waktu tidur malam. Bisa-bisa kita malah sulit tidur karena saat berbaring, pikiran masih lekat sekali dengan pekerjaan.

Sebaiknya, bekerja maksimal hanya sampai dua jam sebelum waktu tidur. Itu akan memberi kita cukup waktu untuk melepaskan pikiran dari pekerjaan. Kita bisa menggunakan dua jam itu untuk merilekskan diri dengan menikmati hiburan atau membaca buku.