Tips Agar Tidak Nge-blank saat Ujian

Tips Agar Tidak Nge-blank saat Ujian

Tips Agar Tidak Nge-blank saat Ujian

Tips Agar Tidak Nge-blank saat Ujian, – Saat menghadapi ujian, apakah kamu pernah atau bahkan sering merasa nge-blank? Semua materi yang sudah kita pelajari dengan susah payah seakan ‘lenyap’ begitu saja di ruang ujian.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari persiapan yang kurang maksimal, kehilangan fokus akibat kelelahan atau badan yang kurang fit, pikiran yang terlalu tegang, dan lain sebagainya. Kalau sudah nge-blank, hasil ujian pun bisa jadi gak maksimal.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan supaya tidak nge-blank saat ujian.

Jangan lupa sarapan sebelum ujian dengan porsi wajar

Sebelum ‘berperang’ dengan ujian, jangan sampai kita gak sarapan. Kita butuh asupan makanan dan minuman yang cukup sebagai energi untuk mengerjakan soal-soal ujian. Saat perut lapar dan haus, konsentrasi kita bisa jadi ambyar dan mudah nge-blank, lho! Tapi walau begitu, sebaiknya kita jangan sarapan dengan porsi berlebihan.

Bila terlalu banyak makan, kita justru akan mudah mengantuk dan jika terlalu banyak minum air, kita pun akan lebih sering buang air kecil. Tentu, hal ini bisa jadi merepotkan dan menghilangkan fokusmu saat ujian nantinya.

Mendekati waktu ujian, fokus pada hal yang sudah kita pelajari

Sesaat sebelum hari pelaksanaan ujian, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk memahami materi yang belum sempat dipelajari. Selain karena sudah gak ada waktu lagi, mempelajari hal baru pada saat mendekati ujian bisa membuat pikiran kita kacau dan materi yang sudah kita pelajari justru bisa blank. Karena itu, fokuslah pada materi yang sudah kita pelajari sejak jauh-jauh hari.

Mempersiapkan diri sejak jauh hari sebelumnya

Agar gak mudah nge-blank saat ujian, sebaiknya kita mencicil belajar materi ujian jauh-jauh hari sebelumnya. Saat belajar, usahakan untuk memahami, bukan menghafal. Jangan belajar dadakan menjelang ujian karena materi yang dipelajari hanya akan ‘terserap’ sebentar, lalu bisa ‘menguap’ kembali dengan cepat.

Selain itu, belajar menjelang hari pelaksanaan ujian bisa bikin pikiran kita jadi gak tenang. Kalaupun kamu mau belajar menjelang ujian, ada baiknya untuk melakukan review materi secara garis besarnya saja.

Mencoba teknik visualisasi

Berbagai materi yang kita pelajari bisa dituangkan ke dalam bentuk visual di pikiran kita. Dengan cara visualisasi seperti ini, otak kita akan lebih mudah terpancing untuk mengingat kembali apa yang sudah dipelajari.

Hal ini tentu akan sangat membantu bila kita benar-benar blank saat ujian nantinya. Cukup dengan menutup mata, kita bisa membayangkan berbagai objek terkait soal yang diujikan.

Gak membuka medsos sesaat sebelum ujian

Menjelang ujian, sebaiknya hindari membuka media sosial (medsos). Medsos akan selalu dipenuhi dengan berbagai hal baru yang bisa mengacaukan pikiran dan bahkan berdampak pada perasaan atau mood. Kalau fokus kita sudah kemana-mana, kita pun bisa lebih rentan nge-blank saat ujian.

Jangan datang terlambat dan buat diri kita rileks saat ujian

Nge-blank saat ujian bisa juga dipicu oleh perasaan panik atau gugup selama ujian. Jangan sampai kita datang terlambat ke ruang ujian karena selain mengurangi waktu pengerjaan soal, kita juga bisa menjadi panik. Selama ujian berlangsung, buatlah diri kita se-rileks mungkin.

Kita bisa mencoba teknik bernapas panjang dan dalam secara perlahan. Pastikan juga kita mengambil posisi duduk yang nyaman. Sandarkan tubuh pada kursi dengan posisi tegak. Kalau memungkinkan, kita juga bisa memijat telapak tangan yang bisa membuat diri kita rileks.

Istirahat yang cukup

Sebelum ujian, kita perlu istirahat yang cukup untuk menjaga ketenangan pikiran dan juga kesediaan energi. Karena itu, jangan sampai kita begadang sebelum ujian. Hal tersebut akan membuat pikiran dan tubuh cepat lelah. Kita pun akan kesulitan fokus saat ujian dan mudah nge-blank.

Jangan lupa berdoa

Pada akhirnya, semua usaha yang sudah kita kerahkan agar gak nge-blank saat ujian harus diimbangi juga dengan berdoa. Doa yang baik akan memberikan kita ketenangan dan menjauhkan kita dari perasaan gugup sehingga kita pun bisa lebih fokus saat mengerjakan soal-soal ujian.

Karena itu, jangan lewatkan berdoa saat akan memulai ujian. Sembari tetap berusaha, bersungguh-sungguhlah dalam berdoa dan pasrahkan hasilnya.

***

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan agar gak nge-blank saat ujian. Kalau kita terhindar dari nge-blank ketika ujian, tentu ujian kita jadi lebih lancar dan hasilnya pun bisa maksimal. Jadi, tips mana saja nih yang sudah kamu lakukan?