Edukasi Terbaik untuk Anak

Edukasi Terbaik untuk Anak

Edukasi Terbaik untuk Anak

Edukasi Terbaik untuk Anak, – Edukasi secara umum merupakan proses kegiatan belajar mengajar, proses pembelajaran.

Ini dapat di lakukan dengan cara formal, non-formal, dan informal kepada individu atau kelompok.

Dengan tujuan meningkatkan kualitas pola pikir dan mengembangkan potensi yang terdapat pada masing- masing individu.

Atau juga kita dapat mendefinisikan edukasi adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan untuk mendidik.

Juga memberikan ilmu pengetahuan, mengembangkan potensi diri pada manusia serta mewujudkan proses pembelajaran tersebut dengan lebih baik.

Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar.

Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir anak.

Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.

Dikatakan bahwa perkembangan serebrum yang mengendalikan perilaku manusia.

Misalnya pola pikir dan tindakan emosi mencapai tahap 80% pada anak berusia sekitar 4 tahun dan 90% saat usianya sekitar 6 tahun.

Hal ini juga terjadi pada anak-anak yang belajar di taman kanak-kanak.

Pada kisaran usia ini, hubungan dengan orang selain anggota keluarga meningkat dan rangsangan terhadap sistem saraf kranial juga terus diaktifkan sehingga otak anak pun meningkat pesat.

Keingintahuan intelektual anak juga meningkat sehingga tahap ini adalah momen yang tepat untuk anak belajar mengenai kasih terhadap orang lain.

Hal ini sangat penting untuk diingat ketika hendak memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, atau 6 tahun.

Secara spesifik, sangat baik bila Anda memilih mainan yang memungkinkan anak Anda untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengekspresikan diri, berkomunikasi, bekerja sama, berimajinasi, mengembangkan kreativitas, dan sebagainya.

Tentu saja Anda juga perlu memilih mainan yang disukai anak Anda agar ia tak merasa terpaksa dan bisa menikmati bermain dengan mainan yang Anda pilih.

Umumnya, anak-anak mulai tertarik dengan huruf dan angka di usia 4 tahunan. Bahkan, anak-anak dengan kemampuan belajar yang cepat akan dapat menghitung hingga angka 100 pada usia tersebut.

Anda akan terkejut mendapati begitu banyaknya huruf dan angka yang anak Anda pelajari hanya dengan membiarkannya bermain menggunakan mainan edukasi.

Seiring dengan bertambahnya perbendaharaan kata, kemampuan berekspresi dengan kata-kata pun akan semakin meningkat. Jadi, Anda akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus.

Usia 4 hingga 6 tahun merupakan usia yang pas untuk belajar berkomunikasi secara berkelompok.

Banyak anak pada kisaran usia tersebut yang biasanya hanya bermain sendiri, mulai diperluas komunitasnya dengan cara dimasukkan ke pre-school atau TK agar bisa belajar berkomunikasi dan bermain dengan anak-anak lain.

Untuk anak seusia ini, Anda bisa memilih mainan berupa kartu, board games, atau mainan sejenis.

Mainan tersebut akan mengajarkan anak kegembiraan saat bermain bersama, belajar mengikuti aturan main, serta perasaan saat kalah atau memenangkan permainan.

Bila anak Anda memainkan permainan yang menang atau kalahnya ditentukan oleh strategi, anak Anda juga memperoleh kesempatan untuk mengasah kemampuan berpikir logisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *