5 Tips Mencairkan Cokelat yang Tepat agar Tidak Gosong

5 Tips Mencairkan Cokelat yang Tepat agar Tidak Gosong

5 Tips Mencairkan Cokelat yang Tepat agar Tidak Gosong

5 Tips Mencairkan Cokelat yang Tepat agar Tidak Gosong – Hampir semua orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan cokelat. Olahan manis berwarna cokelat gelap ini memang cukup banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan aneka menu-menu manis. Selain terdapat banyak ragam, salah satu jenis cokelat yang cukup populer adalah cokelat batangan. Cokelat jenis tersebut perlu dilelehkan sebelum digunakan.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam melelehkan cokelat, berikut lima daftarnya.

1. Untuk cokelat beku, diamkan hingga mencapai suhu ruang

Beberapa orang gemar meletakkan cokelat do dalam kulkas hingga teksturnya pun relatif keras. Oleh sebab itu, apabila kamu sering meletakannya di dalam kulkas, maka kamu perlu mengeluarkannya sejenak hingga mencapai suhu ruang. Cokelat bersuhu ruang akan lebih mudah dicairkan.

2. Serut cokelat

Apabila kamu malas menunggu hingga cokelat utuh berhasil meleleh sempurna, maka kamu dapat mencoba cara lainnya. Cara tersebut adalah dengan menyerut atau memotong cokelat menjadi lebih kecil. Nantinya cokelat akan lebih mudah mencair.

3. Gunakan metode tim

Melansir dari https://christian-mommies.com/ metode ini sebenarnya merupakan cara yang paling populer untuk dilakukan dalam mencairkan cokelat. Caranya adalah dengan memanaskan air di dalam panci hingga panas dan meletakan wadah anti-panas. Kamu dapat memasukkan cokelat ke dalam wadah tersebut dan menunggunya hingga meleleh.

4. Penggunaan api tergantung jenis cokelat

Cara lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah jenis cokelat yang kamu gunakan. Secara umum, untuk cokelat dengan jenis dark atau milk lebih umum menggunakan api sedang. Sementara, untuk jenis cokelat putih ataupun cokelat yang memiliki warna justru menggunakan jenis api kecil.

5. Padukan cokelat dengan bahan-bahan lain saat melelehkan

Cara lainnya adalah dengan memadukan cokelat dengan bahan-bahan lain seperti kacang contohnya. Campurkan bahan-bahan tersebut pada saat proses pelelehan cokelat berlangsung. Kamu juga bisa langsung mencetaknya agar cokelat tidak keburu keras.