5 Tips Memilih Kentang dengan Kualitas yang Baik

5 Tips Memilih Kentang dengan Kualitas yang Baik

5 Tips Memilih Kentang dengan Kualitas yang Baik

5 Tips Memilih Kentang dengan Kualitas yang Baik – Kentang merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan dapat dikonsumsi untuk menggantikan peran nasi. Ada banyak sekali cara untuk mengolah kentang dan tentunya kentang juga dapat disajikan dalam beraneka jenis menu berbeda. Tidak heran bila kemudian dalam memilih kentang juga harus lah tepat.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam memilih kentang, yuk intip.

1. Pilihlah kentang yang permukaannya halus

Cara Menanam Kentang dengan Konsep Rumahan - Tukang Kuli

Cara pertama yang dapat kamu lakukan dalam memilih kentang adalah dengan memperhatikan teksturnya. Biasanya kentang dengan kualitas baik akan cenderung memiliki tekstur permukaan yang halus dibandingkan yang kasar atau bergelombang. Cita rasanya juga cenderung lebih manis.

2. Jangan memilih kentang yang terdapat warna hijau

Hati-hati! Kentang ternyata Memiliki Racun Mematikan - MerahPutih

Melansir dari laman http://downloadjoker123.org/ coba kamu perhatikan apa warna kentang yang akan kamu beli. Hindari membeli kentang yang berwarna kehijauan karena itu menandakan bahwa kentang masih muda atau terlalu lama tersimpan bawah sinar matahari. Tentunya ini akan memengaruhi kualitasnya.

3. Hindari kentang yang bertunas

Kentang Bertunas Jangan Dibuang, Ketahui Manfaat Super Ajaibnya - Erabaru

Seperti tumbuhan lainnya, kentang juga bisa saja memiliki tunas. Namun, kentang bertunas tidak disarankan untuk dipilih karena bisa jadi menandakan ketidak segarannya. Pilihlah kentang yang tidak memiliki tunas.

4. Pilih kentang yang sesuai standar

Yang Bisa Dimasak Menggunakan Kentang

Ada beberapa standar yang bisa kamu gunakan dalam memilih kentang berkualitas baik. Sebut saja seperti kentang yang cukup berat, tidak memiliki goresan atau sayatan, tampak segar, dan tidak berlubang. Standar tersebut dapat membantumu untuk memilah-milah jenis kentang yang berkualitas.

5. Pastikan kentang tidak keriput

Foto Kentang Ini Laku Rp 13,8 M, Apa Istimewanya? - Citizen6 Liputan6.com

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghindari kentang yang memiliki kulit keriput. Tampilan kulit yang keriput dapat menjadi tanda dari kualitas kentang yang menurun. Selain itu, kentang yang terlalu lama tersimpan juga akan berkeriput kulitnya.