5 Tips Jitu Mengajarkan Anak Menulis Cerpen dengan Mudah

5 Tips Jitu Mengajarkan Anak Menulis Cerpen dengan Mudah

5 Tips Jitu Mengajarkan Anak Menulis Cerpen dengan Mudah

5 Tips Jitu Mengajarkan Anak Menulis Cerpen dengan Mudah – Cerpen merupakan suatu jenis karya sastra yang berupa prosa fiksi. Sebagai prosa fiksi, isi cerpen merupakan cerita rekaan atau khayalan penulisnya. Namun, berbagai peristiwa yang ada di sekitar kita bisa menjadi sumber ide penulisan sebuah cerpen. Karya sastra cerpen menjadi salah satu bacaan yang digemari masyarakat karena tidak terlalu panjang ceritanya.

Berdasarkan Kurikulum 2013, menulis cerpen merupakan salah satu materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa SMP kelas 9. Diharapkan siswa mampu mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek (cerpen) dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

1. Perhatikan unsur pembangun cerpen

Unsur pembangun cerpen antara lain tema, tokoh, latar, alur, sudut pandang, dan amanat. Melansir dari http://downloadjoker123.org/  Tema sebagai inti pengembangan cerita dapat diambil dari kehidupan sehari-hari yang dekat dengan anak, misalnya pengalaman yang mengesankan, cerita yang pernah didengar atau dibaca, atau dari film yang pernah ditonton.

Tokoh utama dalam cerpen pilihlah tokoh yang mempunyai karakter kuat. Untuk latar, gunakan latar yang dapat mempertegas jalannya cerita. Alur sebagai pola pengembangan cerita, disusun dari pengenalan cerita, munculnya konflik, konflik memuncak, konflik mereda dan penyelesaian masalah

2. Susun struktur cerpen

Agar cerpen enak membacanya dan alurnya runut, perhatikan struktur cerpen meliputi orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, dan resolusi. Orientas merupakan tahap pengarang menceritakan latar tempat, waktu, dan suasana dalam cerpen supaya cerita lebih hidup.

Rangkaian peristiwa berisi peristiwa-peristiwa tak terduga yang terjadi. Komplikasi merupakan masalah yang terjadi dalam cerpen. Resolusi berisi penyelesaian masalah yang bisa berakhir bahagia atau sedih.

3. Perhatikan aspek kebahasaan cerpen

Kebahasaan memegang peran yang cukup penting dalam cerpen. Bahkan untuk membuat cerpen menjadi lebih hidup dan menarik, gunakan dialog-dialog antartokoh. Namun untuk mempertegas maksud penulis, gunakan gaya bahasa yang sesuai. Selain itu, susunlah kalimat yang komunikatif atau mudah memahami oleh pembaca dengan menggunakan pilihan kata yang familiar sehingga mudah mengingat pembaca.

4. Perbaiki teks cerpen

Untuk menghasilkan tulisan cerpen yang baik, jangan segan untuk memperbaiki cerpen yang sudah menyusunnya. Kita bisa menggunakan bantuan orang lain agar memberikan masukan terhadap cerpen yang sudah kita buat. Perbaikan cerpen bisa juga dari kebahasaan, tanda baca, maupun isi cerita.

5. Perluas sumber literasi dengan banyak membaca

Untuk memperluas perbendaharaan kosakata, ide, dan bentuk cerita yang menarik, banyaklah membaca karya orang lain, misalnya kumpulan cerpen remaja. Dari bacaan-bacaan yang pernah kita baca, kita akan mendapatkan banyak hal yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan kita dalam menulis.