Ini Cara Tepat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Ini Cara Tepat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Ini Cara Tepat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak – Seiring meningkatnya usia anak-anak, makin banyak tanggung jawab yang diberikan kepada anak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Beberapa anak memiliki motivasi yang baik untuk menyelesaikan tugasnya, tetapi beberapa lainnya kesulitan untuk menemukan semangat belajar. Meskipun penting bagi orangtua untuk memastikan anak menyelesaikan pekerjaan rumah, tetapi penting untuk tidak memaksa anak belajar. Cara yang benar adalah membantu anak menemukan motivasi. Mendorong anak untuk menemukan motivasi dengan cara yang positif penting untuk membangun kebiasaan yang bertahan lama. Lantas, apa yang bisa orangtua lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar anak.

Image result for Ini Cara Tepat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Cari tahu apa yang membuat anak enggan belajar

Anak mungkin tidak memiliki semangat untuk belajar karena sejumlah alasan. Karenanya, menemukan akar masalah akan membantu kamu mengembangkan rencana untuk mengatasi hambatan dalam belajar. Kita harus mengertiin keinginan anak untuk belajar dengan yang mau di inginkan untuk belajar dengan giat dan semangat untuk belajar lagi.

Manajemen stres pada anak

Jika anak merasa stres, dia mungkin akan kesulitan belajar atau bahkan sulit menemukan motivasi untuk mulai belajar. Solusinya, kamu perlu membantu anak menghilangkan stres dengan meluangkan waktu dan membicarakan tentang pikiran dan perasaan. Pastikan anak memiliki cukup waktu setiap malam untuk menghilangkan stres. Diskusikan aktivitas yang bisa dilakukan selama istirahat belajar atau setelah menyelesaikan pekerjaan rumah untuk membantu menurunkan stres, seperti jalan-jalan, mewarnai, atau menonton.

Fokus pada pembelajaran bukan kinerja

Melansir dari http://hanoiquan.com.au/  untuk memotivasi anak agar mau belajar, sebaiknya hindari berfokus pada nilai, tetapi fokus dan rayakan pencapaian yang terkait dengan pembelajaran. Misalnya, saat anak berhasil menjawab soal matematika yang rumit atau menyelesaikan tugas membuat prakarya. Saat mengalihkan fokus ke belajar, anak dapat menemukan lebih banyak kesenangan dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini kemudian membantu meningkatkan motivasi.

Coba teknik yang berbeda

Tidak semua metode pembelajaran cocok untuk semua orang. Setiap siswa memiliki cara belajar yang sedikit berbeda. Jika anak belajar dengan metode yang tidak sesuai dengan gaya belajarnya, dia mungkin akan merasa frustasi karena kesulitan memahami materi belajar. Jadi, cobalah berbagai teknik belajar untuk mengetahui mana yang terbaik bagi anak.